lokasi kebakaran Cisaban BaduyKebakaran melanda Kampung Cisaban RT 02 RW 06, Desa Kanekes, Baduy Luar, sekitar pukul 19.00 WIB pada Selasa (23/5/2017). Total 83 rumah adat Baduy Luar hangus terbakar.

“Ada 105 kepala keluarga yang menjadi korban,” ujar Kasie Pemerintahan Desa Kanekes, Sarpin, saat berbincang dengan kumparan (kumparan.com), Rabu (24/5).

Sarpin menjelaskan, kebakaran dipicu dari tungku masak salah satu rumah warga. Api begitu cepat menjalar karena material rumah adat terbuat dari kayu yang mudah terbakar.

“Api baru bisa padam sekitar pukul 00.00 WIB. Rumah-rumah hangus tidak tersisa,” katanya.

Selain rumah, lumbung padi milik para warga juga hangus terbakar. Warga suku Baduy memang terbiasa menyimpan beras mereka di lumbung padi yang terpisah dari rumah.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran besar tersebut. Malam itu para korban mengungsi di desa sebelah dan di tenda pengungsian. BPBD setempat juga telah turun tangan membangun tenda darurat untuk para korban.

Saat ini para warga sibuk membangun kembali tenda darurat yang lebih layak. Para korban membutuhkan bantuan seperti pakaian, selimut, perlengkapan sehari-hari, makanan dan sebagainya.

“Sekarang lagi pada sibuk menyiapkan tenda darurat dan dapur umum,” kata Sarpin.
lokasi kebakaran Cisaban Baduy4

lokasi kebakaran Cisaban Baduy3

lokasi kebakaran Cisaban Baduy2

lokasi kebakaran Cisaban Baduy1

Dari berbagai sumber.