poster festival Baduy FinalUntuk meningkatkan promosi dan pemasaran tenun baduy dan produk unggulan lainnya, Pemerintah Desa Kanekes bersama para pelaku usaha dan pengrajin tenun akan menyelengarakan Festival Baduy 2016 yang akan dilaksanakan pada 4-6 November 2016 mendatang.

Demikian disampaikan Amir, pengrajin tenun asal Kampung Kaduketug, Desa Kanekes, Baduy, saat melakukan musyawarah pelaksanaan Festival Baduy , pada Minggu (25/9/2016) di Rumah Singgah, Desa Kanekes.

Menurutnya, ini momentum penting agar mampu mempromosikan hasil karya tenun baduy ini kepada khalayak yang lebih luas agar dapat dikenal dan mampu bersaing dengan produk-produk dari daerah lain.

“Sebagai pelaku usaha, saya berharap agar dapat berkesempatan untuk memamerkan produk-produk masyarakat terutama tenun ini, sehingga dapat meningkatkan penjualan dan mampu bersaing dengan yang lainnya”

Festival Baduy 2016 akan menampilkan berbagai kegiatan diantaranya  Pembangunan Gerbang Baduy, pameran produk Baduy, Sentra layanan dasar seperti Kesehatan, BPJS, Donor darah, dan yang lainnya, Pentas seni tradisional, Pemecahan rekor menenun, workshop digital marketing dan Anugerah Kabupaten Peduli Adat.

“Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Hari Jadi Kabupaten Lebak yang ke 188” ujar Oktavianto Arief Ahmad, S.IP.,M.Si, Kepala Bidang Pariwisata, Disporapar Kab. Lebak.

“Tujuannya agar mampu meningkatkan daya promosi wisata dan tenun Baduy ke ruang yang lebih luas serta mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat” pungkasnya.