dasolinSebagai upaya kepedulian terhadap peningkatan pelayanan kesehatan warga Baduy, Kader Kesehatan Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kab. Lebak Banten bersepakat untuk kembali mengaktifkan Gerakan DASOLIN atau Gerakan  Dana Sosial Bersalin).

Demikian disampaikan Jaro Saija, Kepala Desa Kanekes pada saat membuka Pelatihan Kader Kesehatan Masyarakat Baduy yang merupakan program Peduli dari Kemenko PMK yang difasilitasi oleh Yayasan Rimbawan Muda Indonesia (RMI) dan Kemitraan-Jakarta pada Jum’at (22/7/2016) di Rumah Singgah Desa Kanekes.

Gerakan Pengumpulan Dana Sosial Bersalin(DASOLIN) bagi warga BaduyDASOLIN (Gerakan Dana Sosial Bersalin) adalah gerakan sosial yang digagas oleh Paguyuban Kader Kesehatan Masyarakat Baduy untuk membantu meringankan beban bagi para ibu hamil, ibu menyusui, balita, penanganan gizi ibu hamil dan balita, dan persalinan melalui penanganan medis, operasi, atau rawat inap.

Keterbatasan akses kesehatan, SDM dan aturan adat yang berlaku di warga Baduy menjadi kendala sulitnya layanan kesehatan dilakukan secara menyeluruh, terutama jika diperlukan tindakan medis seperti operasi, perawatan atau lainnya. Sehingga gerakan ini akan menjadi jembatan untuk membantu memperluas akses dan layanan kesehatan bagi 3.413 Kkyang tersebar di 65 kampung di Desa Kanekes dengan lebih baik.

BANTU APA SAJA?
DASOLIN ini membuka ladang amal sodaqah, infaq, sumbangan dalam bentuk uang,  barang, pendidikan dan pelatihan, bakti sosial kesehatan atau yang lainnya.  Sumbangan ini bersipat terbuka untuk umum tanpa membeda-bedakan agama, ras, suku atau keyakinan.

Pengurus DASOLIN adalah warga Baduy yang dipilih berdasarkan hasil musyawarah mufakat. Pengurus akan melaporkan secara berkala seluruh penerimaan dan pengeluaran secara terbuka baik melalui online dan offline.

BAGAIMANA CARANYA?

Informasi dan Bantuan dapat disalurkan melalui : Pemdes Kanekes, Kp. Kaduketug Desa Kanekes Kec. Leuwidamar, Kab. Lebak 42362, Kontak person Hp/WA Sarpin +6285813215071, Elas +6285718086441 atau Yayasan RMI d/a Bogor Baru Blok C1 No. 12A, Kota Bogor, tlp. +622518311097.

Rekening DASOLIN masih dalam proses, sehingga saat ini jika mau melakukan transfer silakan menghubungi kontak person diatas. Info lainnya dapat diakses melalui www.kanekes.desa.id